WHAT TO READ NEXT

MENJADI DERMAWAN BERSAMA VETERAN RICE 2019 BERBAGI KEBAHAGIAAN



Berbagi menjadi salah satu hal yang bisa memberi kebahagiaan secara spiritual dan emosional. Tentu saja kita bisa berbagi melalui berbagai cara dan tidak harus selalu tentang uang. Selain uang, kita pun bisa berbagi ilmu yang bermanfaat. Selama kita melakukannya dengan hati yang ikhlas, berbagi akan membawa manfaat dan kebahagiaan kepada kita, seperti halnya yang dikatakan dalam berbagai hadis bahwa hati yang ikhlas akan membawa kita pada hati yang bersih, tenang, dan damai. Hal tersebut pun dapat kita temukan dalam acara Ramadan in Charity with EDSA (RICE) 2019 yang dilaksanakan pada 25 Mei 2019 lalu di Gedung Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Jawa Timur.

            Bertempat di Jalan Raya Mastrip No. 45, Kedurus, Kota Surabaya, Gedung LVRI dipenuhi oleh 100 veteran dan juga 100 undangan lainnya yang merupakan mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga, Komunitas EDSAMAN, perwakilan Komunitas Ketimbang Ngemis Surabaya, Komunitas Nasyid SMA Negeri 2 Surabaya, dan masih banyak lagi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, acara ini tidak hanya berbagi donasi berupa uang dan barang, tetapi juga berbagi ilmu. Ilmu-ilmu yang bermanfaat mengenai semangat juang dan kedermawanan para veteran pun dibagikan dalam acara ini yang dibawakan oleh ketua LVRI Cabang Jawa Timur, Kolonel Purnawiwawan Haji Sugiarto, S.H. Selain itu, ceramah islami bertemakan Ramadan dan puasa juga turut dipersembahkan oleh Drs. Soehardjoepri, M. Si. RICE 2019 juga mengadakan acara buka bersama para veteran dan tamu undangan, serta memberikan donasi kepada Komunitas Ketimbang Ngemis Surabaya untuk mendukung aksinya dalam memberi wadah kepada orang-orang lanjut usia untuk tetap bekerja dan berkarya daripada meminta-minta.


Alumi dan mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga pun berkumpul dalam acara ini untuk saling bersilaturahmi dan berbagi pengalaman selama dan setelah berkuliah di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Kita pun dapat mengetahui bahwa dalam program studi ini, ada tiga macam peminatan, yaitu Linguistics (ilmu-ilmu bahasa), Literature (ilmu-ilmu sastra), dan Cultural Studies (ilmu-ilmu kajian budaya). Dalam sesi tersebut, para alumni mengaku bahwa ilmu-ilmu yang diperoleh dari masing-masing peminatan sangatlah berguna dalam ranah pekerjaan mereka, seperti menggunakan teori-teori konsumerisme dari Cultural Studies untuk marketing dan advertising.
Acara ini pun ditutup dengan foto bersama untuk mengenang momen bahagia dalam berbagi ini. Para veteran mengaku sangat bahagia karena dirinya beserta jasa-jasanya masih dikenang oleh kaum muda. Begitu pula perwakilan dari Komunitas Ketimbang Ngemis Surabaya menyatakan bahwa dukungan kita dapat memberi semangat hidup yang lebih baik kepada para lansia tersebut. Tak kalah penting, mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris pun dapat memeroleh pengetahuan yang berguna bagi masa depan mereka baik untuk menempuh semester yang lebih tinggi maupun karir mereka nanti.

Comments