WHAT TO READ NEXT

Mengenal Lebih Dekat Peminatan di Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga

peminatan sasing unair

Pada artikel Kuliah Sastra Inggris, Belajar Apa, Sih? Telah dijelaskan gambaran umum mata kuliah yang akan ditempuh selama masa studi. Apakah kalian masih penasaran dengan jurusan Bahasa dan Sastra Inggris? Di artikel ini, kita akan membahas tiga peminatan yang ditawarkan di departemen Bahasa dan Sastra Inggris Unair. Yuk simak selengkapnya!

  • Literature
literature sasing unair

Sebagai jurusan sastra, tentu saja kita memiliki peminatan sastra. Syarat untuk mengambil peminatan ini adalah minimal memperoleh nilai B untuk mata kuliah (matkul) Introduction to Literature. Peminatan literatur mempelajari dan menganalisis berbagai karya sastra dunia dalam bahasa Inggris seperti poems, short stories, novel, dan drama melalui berbagai teori seperti teori feminisme, teori marxisme dan lain-lain. Kemampuan berpikir kritis kalian akan sangat diperlukan dalam peminatan ini, lho.


Sebagai gambaran, ada 6 mata kuliah wajib peminatan yang akan kalian jumpai, yaitu:

  1. Introduction to Media Studies
  2. Introduction to Theory of Literature
  3. Methods of Literary Research
  4. Literary Criticism
  5. Advanced Theory of Literature
  6. Independent Studies on Literature. 
  • Linguistics
lingusitik sasing unair

Linguistik adalah ilmu tentang bahasa. Peminatan ini mempelajari aspek-aspek kebahasaan, penggunaan serta pemaknaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Lingkup pembahasan Linguistik terbagi menjadi dua yaitu, pure linguistics dan applied linguistics. Apabila kalian berminat untuk memilih Linguistik, persyaratan yang perlu dipenuhi adalah minimal nilai B untuk matkul Introduction to General Linguistics. 

Sebagai gambaran, ada 7 mata kuliah wajib peminatan yang akan kalian jumpai, yaitu:

  1. Sociolinguistics
  2. Discourse Analysis
  3. Second Language Acquisition
  4. TEFL (Teaching English as a Foreign Language)
  5. Psycholinguistics
  6. Methods of Linguistic Research
  7. Independent Studies on Linguistics
  • Cultural Studies


Last but not least, Cultural Studies. Sesuai namanya peminatan ini akan mempelajari dan menganalisis budaya. Hal-hal yang dipelajari meliputi film, periklanan, gaya hidup, fandom, dan lain-lain. Cultural studies cocok bagi kalian yang ingin menjadi lebih peka dengan fenomena sosial di sekitarmu. Kalau kalian berminat untuk mempelajari hal-hal tersebut dan ingin mengambil peminatan ini, persyaratan yang perlu dipenuhi adalah nilai minimal B untuk mata kuliah Pengantar Kajian Budaya Urban


6 matkul wajib peminatan yang akan kalian jumpai adalah:

  1. Introduction to Media Studies
  2. Introduction to Theory of Literature
  3. Methods of Cultural Studies Research
  4. Literary Criticism
  5. Advanced Theory of Literature
  6. Independent Studies on Cultural Studies

Nah, itu dia ketiga peminatan dan apa yang dipelajari di Bahasa dan Sastra Inggris Unair. Ingin tahu lebih lanjut apa kata mereka yang telah melakukan peminatan? Yuk cek survei ini.  Semoga artikel ini dapat membantu!


Writer: Amalia Prameswari

Editor: Hasna F




Comments

Post a Comment